Let’s travel together.

Twitter

Apa itu Twitter?

Apa itu Twitter? Twitter adalah layanan gratis jejaring sosial mikrobloging yang memungkinkan pengguna terdaftar mengirim pesan singkat yang dinamakan tweet. Pengguna twitter bisa melakukan broadcast atau membagikan tweet dari pengguna lain, begitu juga untuk menambahkan pengguna lain sebagai koneksi, pengguna bisa mengikuti pengguna lain, istilahnya “follow“. Tweet biasanya disebut oleh orang Indonesia dengan sebutan “cuitan”. Cuitan twitter bisa dikirim dengan menggunakan SMS, klien Desktop atau memposting ke situs Twitter.com

Cuitan atau tweet bisa saja mengandung hyperlink dan cuitan di Twitter dibatasi antara 140 karakter – 150 karakter, Setiap cuitan yang dikirimkan oleh pengguna akan langsung bersifat publik dan bisa dilihat oleh siapa saja bahkan yang belum menjadi pengguna Twitter.

Salah satu fitur yang populer adalah penggunaan # atau hashtag di Twitter. Pengguna menggunakan hashtag untuk mendandakan cuitan mereka dengan topik tertentu, dan memungkinkan pengguna lain untuk menemukan cuitan – cuitan pengguna lain pada topik tersebut.

Twitter dibuat dengan menggunakan framework open-source Ruby on Rails. API dari Twitter bisa digunakan oleh para pengembang aplikasi.