Let’s travel together.

Google Trends

Apa itu Google Trends?

Google Trends merupakan alat atau layanan online yang memungkinkan pengguna untuk melihat seberapa sering suatu kata kunci, subyek atau frasa telah dicari untuk suatu kurun periode waktu. Singkatnya layanan yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu.

Google Trends berkerja dengan cara menganalisa porsi dari pencarian Google untuk menghitung seberapa banyak pencarian yang telah dilakukan untuk suatu kata kunci atau term. Walaupun data yang disediakan oleh Google Trends diperbarui setiap hari, Google menyisipkan disclaimer pada data trend dengan statement “Mungkin berisi angka yang kurang akurat untuk berapa alasan, termasuk data sample dan banyaknya hasil dari penghitungan pencarian”.

Pengguna Google Trends dapat mencari sampai 5 kata atau topik, dan hasil dari data berupa grafik tersebut disebut grafik “Search Volume Index”. Data grafik ini dapat diekspor menjadi berkas .csv, yang bisa dibuka di Microsoft Excel atau aplikasi spreadsheet lain.

Kegunaan Google Trends

Fungsi serta manfaat dari Google Trends itu sendiri adalah:

  • Untuk melihat popularitas sebuah topik dalam kurun waktu tertentu. Dengan melihat topik yang terpopuler di mesin pencarian Google akan berguna bagi para blogger dalam membuat konten agar dapat meningkatkan pengunjung situs atau blog.
  • Penentuan target. Dengan menggunakan Google Trends ini pengguna bisa mengetahui sasaran pengunjung yang sedang viral terhadap satu pembahasan. Melalui layanan Google ini pengunjung dapat melihat statistik area kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat digunakan sebagai penggunaan sasaran dalam ini pembahasan dalam blog.
  • Bahan perbandingan. Melalui Google trends pengunjung dapat membandingkan topik yang akan di bahas dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia. Google Trends compare ini sangat berguna bagi para StartUp, marketer maupun blogger.
  • Melihat frequencies. Dengan Google Trends kita juda dapat mengetahui tingkat keseringan suatu topik muncul di mesin pencarian atau Google News, serta wilayah yang paling banyak membutuhkan topik tersebut. Melalui tingkat frequency ini seorang Marketer ataupun StartUp dapat menentukan sasaran promosi terhadap produk maupun layanan yang akan dipasarkan di satu wilayah.
  • Kata kunci (keyword). Bagi para blogger kata kunci sangatlah penting terutama bagi mereka yang berlomba-lomba untuk menjadikan topik blognya berada pada peringkat satu di mesin pencarian Google.
  • Penentuan topik. Dengan menggunakan Google trens, pembuat konten blog akan sangat tertolong untuk menentukan topik pembahasan yang bagus.