Let’s travel together.

Facebook

Apa Itu Facebook?

Apa itu Facebook? Facebook adalah situs jejaring sosial terpopuler yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk membuat profil, mengunggah foto dan video, mengirim pesan dan tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan kolega. Facebook terdapat dalam 37 bahasa yang berbeda, termasuk diantaranya adalah Bahasa Indonesia.

Fitur – Fitur Facebook

Fitur – fitur utama yang ditawarkan oleh Facebook adalah:

  • Newsfeed: Memungkinkan orang untuk menuliskan status atau mengunggah photo dan video. Serta melihat kiriman terbaru oleh teman – teman.
  • Like & Share: Memungkinkan pengguna untuk menyukai status pengguna lain dan membagikan status tersebut ke beranda miliknya.
  • Perpesanan Instan: Memungkinkan pengguna untuk mengobrol secara online.

Fitur – fitur lain yang ditawarkan oleh Facebook diantaranya adalah:

  • Marketplace: Memungkinkan pengguna untuk menjual barang secara online
  • Group: Memungkinkan pengguna untuk membuat grup online tentang suatu hal yang berkaitan dengan hobi atau interest
  • Event: Memungkinkan pengguna untuk membuat event, mengundang tamu dan siapapun yang akan datang
  • Halaman: Memungkinkan pengguna untuk membuat dan mempromosikan sebuah halaman publik yang dibuat mengenai topik tertentu
  • Ketersediaan: Bisa melihat siapa saja kontak yang sedang online dan tersedia untuk chat

Karena Facebook merupakan situs jejaring sosial nomor satu dengan 2 Miliar pengguna, Facebook memiliki pengaturan dan opsi privasi yang luas untuk para penggunanya. Pengguna bisa membuat semua komunikasi tersedia untuk setiap orang, atau menandakan diri offline, bisa memblokir koneksi seperti pertemanan, bisa menentukan apakah profilnya dapat dicari oleh orang atau khusus untuk pengguna Facebook, atau bahkan tidak sama sekali.

Walaupun Facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer di dunia, faktanya ada beberapa negara di dunia yang memblokir Facebook secara permanen yakni negara seperti China/Tiongkok, Iran, dan Korea Utara. Alasan pemblokiran tersebut dikarenakan banyaknya muatan propaganda atau isu – isu yang dapat mengganggu kestabilitasan nasional.

Facebook yang beralamat di www.facebook.com/ diluncurkan pada tanggal 4 Februari oleh Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook bersama koleganya semasih kuliah yakni Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Facebook selain situs jejaring sosial saat ini merupakan perusahaan induk bagi beberapa anak perusahaan miliknya diantara lain adalah Instagram, WhatsApp, Oculus VR. Facebook saat ini memiliki lebih dari 30.000 karyawan dan terdaftar di bursa saham dengan inisial FB.