Let’s travel together.

AWS PrivateLink

AWS PrivateLink adalah fitur jaringan yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS) yang mempermudah dan mengamankan konektivitas antara Amazon Virtual Private Clouds (VPC), layanan cloud Amazon lainnya dan aplikasi di tempat.

Dengan PrivateLink, pelanggan AWS dapat menghubungkan VPC Amazon ke layanan cloud dan aplikasi di tempat, tanpa memaparkan data ke internet publik. Dengan membangun konektivitas yang aman ini, AWS PrivateLink mengurangi risiko keamanan dan mendistribusikan serangan denial-of-service. Konektivitas pribadi ini juga dapat menguntungkan pelanggan dengan penggunaan cloud hybrid, atau mereka yang ingin memigrasikan data ke cloud.

Pelanggan AWS menciptakan koneksi PrivateLink melalui konsol Amazon VPC. AWS PrivateLink kemudian membuat endpoint VPC untuk berinteraksi dengan layanan yang diselenggarakan oleh AWS atau pihak ketiga dari Pasar AWS. PrivateLink menetapkan antarmuka jaringan elastis dengan alamat IP pribadi melalui lalu lintas yang masuk untuk mengakses layanan. Untuk aplikasi di tempat, PrivateLink terintegrasi dengan AWS Direct Connect untuk membuat antarmuka yang aman.

Selain itu, AWS PrivateLink dapat menyederhanakan pengelolaan arsitektur jaringan cloud yang rumit. Misalnya, perusahaan mungkin memiliki banyak akun AWS dan VPC. AWS PrivateLink menghubungkan layanan ke banyak titik akhir tanpa memerlukan administrator untuk membuat aturan firewall, gateway internet atau peering VPC.

AWS PrivateLink terintegrasi dengan grup keamanan VPC dan kebijakan AWS Identity and Access Management.


AWS PrivateLink dapat dilihat informasinya lebih lanjut di AWSPrivateLink – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.