Let’s travel together.

AWS OpsWorks

Apa itu AWS OpsWorks ? OpsWorks AWS (Amazon Web Services OpsWorks) adalah layanan komputasi awan dari Amazon Web Services (AWS) yang mengelola penyebaran infrastruktur untuk administrator cloud. Layanan ini mengotomatiskan penyebaran, konfigurasi, dan tugas-tugas operasional untuk aplikasi terdistribusi. Dengan OpsWorks, administrator cloud dan pengembang dapat menentukan konfigurasi infrastruktur dan sumber daya, seperti opsi penyimpanan dan basis data, lalu memilih sistem operasi (OS) dan jenis instance yang digunakan untuk menyebarkan aplikasi.

OpsWorks mengatur aplikasi ke dalam lapisan untuk penyediaan sumber daya Elastis Compute Cloud (EC2) Apabila menggunakan alat konfigurasi open source Chef, pengembang dapat menyesuaikan tumpukan atau menggunakan template lapisan yang dibuat sebelumnya pada skrip Che. Layer-layer ini mengoperasikan komponen-komponen umum di Ruby, PHP, Node.js, Java, Amazon RDS, HA Proxy, MySQL dan Memcached.

Tumpukan menentukan konfigurasi sistem, termasuk opsi server, database, dan load-balancing. Layers mengonfigurasi subsistem – seperti Web atau server database – dan mengelola set sumber daya termasuk instance, Elastic Block Store (EBS) volume dan alamat IP elastis. Batas komputasi standar adalah 20 tumpukan menjalankan 20 lapisan masing-masing.

Setelah stack diatur, OpsWorks menarik kode aplikasi dari lokasi yang ditentukan pengguna dan menjalankannya pada instance. Aplikasi dapat berjalan di dalam Amazon Virtual Private Cloud (VPC); OpsWorks juga mendukung Identitas dan Manajemen Akses AWS (AWS IAM) dan menyediakan satu set kelompok keamanan internal untuk setiap lapisan.

OpsWorks dapat menskalakan instance berdasarkan waktu hari atau rata-rata beban CPU dan menangani pembaruan perangkat lunak sesuai kebutuhan. Penyeimbang beban juga dapat diterapkan untuk mengarahkan lalu lintas antar instance. OpsWorks juga memantau kesehatan suatu aplikasi di seluruh siklus hidupnya, mendeteksi dan mengganti contoh yang gagal. Ketika peristiwa tertentu melampaui ambang batas sumber daya, OpsWorks menghasilkan alarm untuk memicu pemberitahuan atau mengambil tindakan.

Layanan OpsWorks tidak dikenai biaya; pelanggan yang berlangganan membayar untuk menghitung daya komputasi, penyimpanan, dan sumber daya lain yang dapat ditagih yang digunakan. OpsWorks mendukung server lokal, yang dibebankan setiap jam, tetapi tidak ada biaya tambahan untuk daya komputasi di luar persyaratan yang diperlukan, volume EBS, alamat IP Elastis dan sumber daya AWS lainnya.