Let’s travel together.

AWS Management Console

Apa itu AWS Management Console ? Konsol Manajemen AWS adalah GUI berbasis browser untuk Amazon Web Services (AWS).

Melalui konsol, pelanggan dapat mengelola komputasi awan, penyimpanan cloud, dan sumber daya lainnya yang berjalan di infrastruktur Amazon Web Services. Antarmuka konsol dengan semua sumber daya AWS, termasuk:

  • Elastic Compute Cloud: layanan berbasis web yang memungkinkan bisnis untuk menjalankan program aplikasi di cloud publik AWS.
  •  Amazon Simple Storage Service: layanan penyimpanan awan berbasis web yang dapat ditingkatkan, berkecepatan tinggi, berbiaya rendah, yang dirancang untuk pencadangan online dan pengarsipan data dan program aplikasi.
  • Elastis Load Balancing: layanan load-balancing untuk penyebaran AWS.
  • Amazon Relational Database Service: layanan database SQL yang dikelola sepenuhnya.
  • Auto Scaling: fitur layanan komputasi awan yang secara otomatis menambah atau menghapus sumber daya komputasi tergantung pada penggunaan sebenarnya.
  •  AWS OpsWorks: layanan komputasi awan dari AWS yang mengelola penyebaran infrastruktur untuk administrator cloud.
  • Identitas dan Akses Manajemen AWS: layanan direktori yang dirancang untuk melacak pengguna sistem dan menyediakan cara-cara melacak informasi tentang bagaimana mereka mendapatkan dikonfirmasi.
  • CloudWatch: komponen AWS yang menyediakan pemantauan untuk sumber daya AWS dan aplikasi pelanggan yang berjalan di infrastruktur Amazon.
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Pengguna AWS juga dapat mengelola akunnya, termasuk memantau pengeluaran bulanan. Seorang pengguna dapat menyebarkan aplikasi baru dan memonitor yang sudah ada.

Konsol Manajemen AWS juga menyediakan sumber daya pendidikan, termasuk wizard dan alur kerja, untuk membantu pengguna beradaptasi dengan cloud.

Konsol Manajemen AWS memungkinkan setiap pengguna untuk menyeret dan melepaskan tautan layanan untuk tampilan yang dipersonalisasi. Pengguna AWS juga dapat melihat dan mengelompokkan sumber daya dan aplikasi yang berbagi tag umum, dan kemudian menggunakan fitur Tag Editor untuk membuat perubahan dengan cepat di seluruh grup sumber daya.

Aplikasi seluler Konsol AWS memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas operasional dari perangkat seluler. Aplikasi seluler dapat diunduh dari Amazon Appstore, Google Play, atau Apple App Store.

Konsol Manajemen AWS mendukung browser Microsoft Edge, Firefox, Chrome, Internet Explorer, dan Safari. Ada konsol terpisah untuk iOS dan Android.