Let’s travel together.

AWS Config

Apa itu AWS Config ? Konfigurasi AWS (Amazon Web Services Config) adalah alat pengauditan cloud Amazon yang menyediakan inventaris sumber daya yang ada, memungkinkan administrator melacak aset AWS secara akurat untuk menganalisis tingkat kepatuhan dan keamanan. Ini juga memungkinkan administrator untuk memecahkan masalah mengapa sumber daya mungkin berhenti berfungsi sebagaimana mestinya.

AWS Config mencatat rincian konfigurasi sumber daya sebelumnya dan menggunakan Layanan Pemberitahuan Sederhana Amazon untuk memberi tahu administrator tentang perubahan konfigurasi. Konfigurasi sumber daya historis dapat dilihat menggunakan Konsol Pengelolaan AWS, antarmuka baris perintah, atau perangkat pengembang perangkat lunak.

Administrator mengaktifkan AWS Config untuk menerima detail yang diperbarui secara terus-menerus dari semua konfigurasi sumber daya, yang disebut item konfigurasi (CI), pada titik waktu tertentu. CI terdiri dari informasi dasar yang umum di berbagai jenis sumber daya (tag apa yang diterapkan); data konfigurasi, seperti jenis contoh Cloud Komputer Elastis yang dijalankan oleh sumber daya; dan hubungan dengan sumber lain, termasuk volume atau kejadian bersama dengan sumber daya lain. CI juga dapat menyertakan ID AWS CloudTrail yang terkait dengan sumber daya dan metadata yang membantu mengidentifikasi versi CI dan ketika itu ditangkap.

Perubahan konfigurasi mencakup alamat IP dan informasi tentang orang yang meminta perubahan. Snapshot konfigurasi dan rekaman juga dikirimkan ke bucket Amazon Simple Storage Service.

Admin dapat mengintegrasikan Konfigurasi AWS dengan AWS CloudTrail untuk menentukan detail tambahan tentang panggilan API ke atau dari layanan. Konfigurasi AWS juga dapat mengumpulkan data di berbagai akun AWS yang berbeda.