Let’s travel together.

Apple Bonjour

Apple Bonjour adalah kumpulan teknologi jaringan yang dirancang untuk membantu perangkat dan aplikasi menemukan satu sama lain di jaringan yang sama.

Bonjour adalah versi Apple dari standar Zero Configuration Networking (Zeroconf), satu set protokol yang memungkinkan komunikasi tertentu antara perangkat, aplikasi, dan layanan yang terhubung ke jaringan. Bonjour selalu digunakan untuk perangkat Windows dan Apple untuk berbagi printer. Secara teknis, Zeroconf adalah kelompok protokol Layer 2 terbuka untuk dengan cepat mengatur jaringan IP. Nama asli Bonjour adalah Rendezvous, tetapi Apple mengganti nama pada tahun 2005 setelah perselisihan merek dagang dengan perusahaan bernama Tibco Software.

Pertama-tama dirancang untuk menemukan perangkat Apple di satu jaringan dengan satu router, tetapi karena itu adalah alat yang sangat berguna untuk administrator jaringan yang menggunakan dengan konsumerisasi TI, vendor nirkabel membantu membawa Bonjour ke perusahaan. Aerohive, misalnya, telah merilis alat virtual VMware gratis yang memungkinkan Bonjour di seluruh jaringan pada subnet yang berbeda atau LAN virtual. Cisco telah mengumumkan bahwa mereka akan mengubah kontroler WLAN menjadi gateway Bonjour, menyediakan administrator jaringan dengan berbagai fasilitas pengguna akhir BYOD.

Perangkat lunak Bonjour sudah terpasang di OS X, sistem operasi Mac, dan di iOS, yang berjalan di iPhone dan iPad. Beberapa perangkat Apple, seperti iTunes dan Safari, secara otomatis membuat mesin Windows.