Let’s travel together.

Amazon Web Service (AWS)

Apa itu Amazon Web Service (AWS) ? Amazon Web Services (AWS) adalah platform layanan cloud (cloud services), yang menawarkan daya komputasi, penyimpanan basis data, pengiriman konten, dan fungsi lain untuk membantu skala dan pertumbuhan bisnis.

Amazon Web Services (AWS) adalah platform komputasi awan yang komprehensif dan terus berkembang yang disediakan oleh Amazon. Ini menyediakan campuran infrastruktur sebagai layanan (IaaS), platform sebagai layanan (PaaS) dan paket perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) penawaran.

AWS diluncurkan pada 2006 dari infrastruktur internal yang dibangun Amazon.com untuk menangani operasi ritel online-nya. AWS adalah salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan model komputasi awan pay-as-you-go yang berskala untuk menyediakan pengguna dengan komputasi, penyimpanan, atau keluaran sesuai kebutuhan.

Amazon Web Services menyediakan layanan dari puluhan pusat data yang tersebar di zona ketersediaan (AZ – Available Zones) di wilayah di seluruh dunia. AZ merupakan lokasi yang biasanya berisi beberapa pusat data fisik, sementara wilayah adalah kumpulan AZ dalam jarak geografis yang terhubung dengan tautan jaringan latensi rendah. Pelanggan AWS dapat memasang mesin virtual (VM) dan mereplikasi data dalam AZ berbeda untuk mencapai infrastruktur yang sangat andal yang tahan terhadap kegagalan server individual atau seluruh pusat data.

Lebih dari 100 layanan cloud tersedia di Amazon Web Services, termasuk untuk komputasi, basis data, manajemen infrastruktur, pengembangan aplikasi, dan lainnya.