Let’s travel together.

Amazon Route 53

Apa itu Amazon Route 53 ? Amazon Route 53 adalah layanan sistem nama domain terukur (DNS) yang dimaksudkan untuk memberi bisnis dan pengembang cara yang andal untuk mengarahkan pengguna ke alamat domain aplikasi. Ini dilakukan dengan menerjemahkan nama domain (www.websitename.com) ke dalam alamat IP numerik (123.12.3), yang bagaimana komputer saling terhubung satu sama lain.

Amazon Route 53 memungkinkan pengembang untuk mengelola alamat IP, disebut sebagai “catatan”, terdaftar untuk nama domain di buku telepon DNS. Amazon Route 53 menjawab permintaan, yang dikenal sebagai “queri”, untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sesuai.

Amazon Route 53 menghubungkan kueri ke infrastruktur di AWS, seperti Load Balancer Elastis, dan memungkinkan pengembang untuk memetakan nama domain ke bucket S3, instance EC2, dan sumber daya AWS lainnya. Ini juga dapat digunakan untuk mengarahkan pengembang ke infrastruktur di luar AWS.

Amazon Route 53 memungkinkan para pengembang untuk mengontrol lalu lintas global melalui berbagai jenis routing yang dapat dikombinasikan dengan Failover DNS yang mengarahkan lalu lintas web ke lokasi pengganti untuk mencegah pemadaman situs, untuk memungkinkan campuran arsitektur toleran kesalahan, latensi rendah . Jenis perutean ini termasuk Perutean Berbasis Latensi (memungkinkan pengembang mengarahkan pengguna akhir ke wilayah AWS yang memberikan latensi terendah), Geo DNS (pengguna akhir langsung ke titik akhir tertentu yang dapat ditentukan berdasarkan lokasi geografis pengguna akhir) dan Robot Putaran Tertimbang (menentukan frekuensi, atau “bobot”, tanggapan DNS dikembalikan ke pengguna akhir).

Pengembang dapat membeli dan mengelola nama domain menggunakan Registrasi Nama Domain, dan Amazon Route 53 akan secara otomatis mengonfigurasi pengaturan DNS untuk domain tersebut. Pengaturan DNS dapat dikonfigurasi dengan Route 53 API atau dengan Konsol Manajemen AWS. Layanan ini dapat digunakan untuk mengatur “pemeriksaan kesehatan” DNS untuk memantau kesehatan sumber daya dan aplikasi atau untuk mengarahkan lalu lintas ke titik akhir yang sehat.

Untuk memastikan keamanan tambahan, Amazon Route 53 dapat diintegrasikan dengan AWS Identity and Access Management (IAM), untuk mengelola izin dan kredensial untuk setiap pengguna di akun AWS Anda.

Dengan pengguna Amazon Route 53, mereka hanya membayar untuk mengelola domain dan jumlah pertanyaan yang dijawab oleh layanan DNS untuk masing-masing domain.