Let’s travel together.

Amazon Resource Name (ARN)

Apa itu Amazon Resource Name (ARN) ? – Amazon Resource Name atau dalam Bahasa Indonesianya Nama Sumber Daya Amazonadalah konvensi penamaan file yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya tertentu dalam cloud publik Amazon Web Services (AWS). ARN, yang khusus untuk AWS, membantu administrator melacak dan menggunakan item dan kebijakan AWS di seluruh produk AWS dan panggilan API.

ARN mematuhi beberapa konvensi penamaan umum, tergantung pada layanan cloud AWS yang sedang digunakan. Elemen individual sintaks ARN disebut namespace, dan pengguna harus memasukkan namespace yang sesuai untuk membuat ARN fungsional. Partisi dan layanan, bagian pertama dan kedua dari konvensi penamaan, sesuai dengan lokasi masing-masing di mana sumber daya berada. Akun-id mengacu pada nomor akun AWS pengguna, yang mungkin atau mungkin tidak diperlukan, tergantung pada sumber daya.

ARN berikut menjelaskan format penamaan umum:

  • arn:partition:service:region:account-id:resource
  • arn:partition:service:region:account-id:resourcetype/resource
  • arn:partition:service:region:account-id:resourcetype:resource

Beberapa sumber daya cloud AWS tidak mengharuskan administrator memasuki wilayah tertentu, sementara yang lain melakukannya. Sintaks untuk sumber daya dan jenis sumber daya sangat bervariasi untuk setiap layanan, dan sering termasuk indikator – seperti garis miring atau titik dua – dari jenis sumber daya yang merujuk.

Layanan tertentu memungkinkan pelanggan AWS untuk menentukan jalur untuk ARN, seperti Amazon Simple Storage Service dan AWS Identity and Access Management. Jalur juga dapat menyertakan karakter wildcard, seperti tanda bintang, untuk menunjukkan bahwa pengguna, grup, atau sumber daya mana yang dimasukkan dalam akun.