Let’s travel together.

Amazon Relational Database Service (RDS)

Apa itu Amazon Relational Database Service (RDS) ? Layanan Database Relasional Amazon (Amazon RDS) adalah layanan database SQL terkelola yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS). Amazon RDS mendukung berbagai mesin database untuk menyimpan dan mengatur data dan membantu dengan tugas-tugas manajemen database, seperti migrasi, cadangan, pemulihan, dan penambalan.

Administrator cloud menggunakan Amazon RDS untuk mengatur, mengelola, dan menskalakan instance basis data relasional di cloud. Layanan ini juga secara otomatis membuat cadangan instance basis data RDS, menangkap snapshot data harian dan menyimpan log transaksi untuk memungkinkan pemulihan titik-waktu. RDS juga secara otomatis menambal perangkat lunak mesin database.

Untuk meningkatkan ketersediaan dan keandalan untuk beban kerja produksi, Amazon RDS memungkinkan replikasi. Admin juga dapat mengaktifkan failover otomatis di beberapa zona ketersediaan dengan replikasi data sinkron.

Pengguna AWS mengontrol Amazon RDS melalui Konsol Manajemen AWS, Amazon RDS API atau Antarmuka Baris Perintah AWS.

Pengguna AWS dapat men-deploy enam jenis mesin database dalam Amazon RDS:

RDS untuk MySQL – kompatibel dengan sistem manajemen basis data relasional open source MySQL;

  • RDS untuk PostgreSQL – kompatibel dengan sistem manajemen database objek-relasional PostgreSQL;
  • RDS untuk MariaDB – kompatibel dengan MariaDB, sebuah cabang MySQL yang dikembangkan oleh masyarakat;
  • RDS untuk SQL Server – kompatibel dengan Microsoft SQL Server, sistem manajemen basis data relasional;
  • RDS untuk Oracle Database – kompatibel dengan beberapa edisi Oracle Database, termasuk beberapa versi yang membawa-Anda-lisensi-sendiri dan termasuk lisensi; dan
  • Amazon Aurora – kompatibel dengan MySQL dan PostgreSQL, mesin database relasional AWS eksklusif.

Amazon RDS menambahkan dukungan untuk versi besar dan kecil dari mesin database dari waktu ke waktu, dan admin dapat menentukan versi mesin ketika dia membuat instance basis data. Dalam banyak kasus, Amazon RDS dapat mendukung kode pengembang, aplikasi, dan alat yang sudah digunakan dengan basis data yang ada.

AWS menyediakan layanan database lainnya, seperti DynamoDB untuk database NoSQL, Amazon Neptune untuk database grafik dan Layanan Migrasi Database AWS untuk memudahkan transfer dan transformasi basis data.