Let’s travel together.

Amazon Neptune

Amazon Neptunus adalah layanan terkelola yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola basis data grafik dalam cloud publik Amazon Web Services (AWS). Neptunus dapat mendukung database grafik berkinerja tinggi yang skalabel, yang merupakan jenis basis data NoSQL yang dapat menyimpan, memetakan, dan mempertanyakan hubungan antara kumpulan data.

Amazon Neptunus menyederhanakan proses bagi pengembang untuk menulis kueri yang dapat mencari titik data yang terhubung dengan latensi rendah. Neptunus mendukung model grafik, seperti World Wide Web Consortium (W3C) Resource Description Framework (RDF) dan Property Graph, bersama dengan bahasa query masing-masing, SPARQL dan Apache TinkerPop GREMLIN.

Amazon Neptunus harus berjalan dalam Amazon Virtual Private Cloud (VPC), yang memungkinkan isolasi jaringan dan kontrol basis data yang lebih besar. Admin juga dapat mengintegrasikan Identitas dan Manajemen Akses (IAM) AWS untuk mengontrol akses pengguna dan grup, serta Layanan Manajemen Kunci AWS (KMS) untuk enkripsi basis data.

Amazon Neptune diperkenalkan di AWS re: Invent pada November 2017 dan dirilis ke empat wilayah di AS dan Eropa pada akhir Mei 2018.


Amazon Neptune dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon Neptune – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.