Let’s travel together.

Amazon Macie

Amazon Macie adalah alat keamanan cloud yang menggunakan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi dan melindungi data sensitif yang disimpan dalam cloud publik Amazon Web Services (AWS).

Amazon Macie secara otomatis dan terus menerus memindai data sensitif, seperti informasi identitas pribadi (PII) atau kekayaan intelektual, yang disimpan perusahaan di AWS, dan kemudian menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk mengklasifikasikan data tersebut dan menetapkan nilai bisnisnya. Ini memberikan administrator dengan lebih banyak visibilitas ke lokasi penyimpanan untuk data sensitif, pentingnya untuk bisnis dan bagaimana pengguna berinteraksi dengannya. Ini juga membantu organisasi menjaga kepatuhan, dan menghilangkan kebutuhan tim TI untuk mengklasifikasikan data dan izin secara manual.

Seorang admin juga dapat menggunakan Amazon Macie untuk mendeteksi intrusi dan kebocoran data. Layanan ini terus memantau dan menganalisis akses data cloud dan perilaku akun untuk mengidentifikasi aktivitas yang tidak biasa. Jika mendeteksi perilaku yang tidak disengaja atau mencurigakan, ia mengirimkan peringatan ke admin.

Beberapa contoh aktivitas mencurigakan yang dapat dideteksi Macie meliputi:

  • Sebuah akun yang mengunduh data sensitif secara besar – besaran atau masif
  • Aktivitas tidak dikenali dari alamat IP yang asing
  • Seorang pengguna yang mengunduh kode sumber walau sebenarnya orang tersebut tidak familiar dengan hal ini
  • Data sensitif sedang diakses atau diperiklankan secara global

Dalam dasbor Macie, admin dapat membaca rekomendasi untuk respons ancaman dan kemudian mengambil tindakan, seperti mencabut hak akses atau mengatur ulang kata sandi, melalui fungsi AWS Lambda yang telah dikonfigurasi.


Amazon Macie dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon Macie  – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.