Let’s travel together.

Amazon Lightsail

Amazon Lightsail adalah layanan cloud Amazon yang menawarkan bundel Tenaga Komputasi Awan and untuk pengguna cloud baru atau yang kurang berpengalaman.

Amazon Web Services (AWS) mengemas memori, pemrosesan, penyimpanan, dan transfer ke mesin virtual (VM) untuk pelanggan agar langsung mudah digunakan dengan sedikit konfigurasi ketimbang konfigurasi yang mesti dilakukan dengan Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), Amazon Lightsail memperoleh daya komputasi dari turunan EC2 dan mengemasnya kembali untuk pelanggan yang baru atau tidak berpengalaman dengan manajemen dan konfigurasi server cloud.

AWS merancang layanan Lightsail agar lebih mudah dipahami dan membeli kapasitas komputasi yang belum sempurna. AWS juga mengelola infrastruktur, yang berbagi uptime yang sama dan wilayah global dan zona ketersediaan sebagai EC2, dan membuatnya tersedia dengan beberapa klik.

Amazon Lightsail meluncurkan VPS, yaitu VM dengan sistem operasi individual tetapi akses terbatas ke sumber daya server fisik. Seorang pelanggan dapat memilih dari lima rencana Lightsail dengan karakteristik berikut:

  • Keseterdiaan Memori dari 512MB hingga 8GB
  • Prosesor dengan 1 atau 2 Core
  • SSD dengan 20GB – 80GB kapasitas penyimpanan
  • Harga dari $5 hingga $80 per bulan

Harga yang ditawarkan oleh Amazon Lightsail serta model rencana harganya sangat tidak memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan DigitalOcean, dan banyak spekulasi mengatakan bahwa Amazon mendesainnya untuk bersaing dengan penyedia infrastruktur cloud seperti DigitalOcean dan Vultr.

Semua rencana Lightsail mencakup alamat IP statis, konsol manajemen, akses terminal shell aman dan manajemen kunci, manajemen server nama domain, dan pemantauan server. Pelanggan Lightsail juga memiliki akses ke alat-alat AWS.

Lightsail menawarkan berbagai sistem operasi, aplikasi, dan tumpukan sehingga pelanggan dapat membuat template. Seorang pengembang menggunakan antarmuka baris perintah Lightsail sebagai alternatif untuk konsol. Lightsail juga menyediakan referensi untuk antarmuka dan dokumentasi pemrograman aplikasi.


Amazon Lightsail dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon Lightsail – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.