Let’s travel together.

Amazon Lex

Amazon Lex adalah layanan web yang memungkinkan pelanggan untuk memasukkan antarmuka percakapan (interaksi) suara dan teks dalam aplikasi perangkat lunak yang mereka kembangkan. Layanan ini yang menggunakan teknologi yang menggerakkan asisten virtual Amazon Alexa, dan merupakan bagian dari Amazon AI (Artifical Intelligence)

Algoritma pembelajaran mendalam Lex memungkinkan pengembang untuk membangun bot percakapan (chatbot) dengan kepribadian buatan. Lex menggunakan pengenalan suara otomatis untuk mengubah suara menjadi teks, pemrosesan bahasa alami untuk memahami instruksi lisan dan maksud pengguna, integrasi dengan AWS Lambda Amazon Cognito untuk otentikasi pengguna dan Amazon Polly untuk konversi teks ke ucapan. AWS Mobile Hub dapat digunakan untuk menyediakan bot secara otomatis dari template.

Lex tersedia untuk semua pemegang akun Amazon web service (AWS); layanan ini terdaftar dalam kategori kecerdasan buatan Konsol Manajemen AWS. Amazon mengenakan biaya kepada pelanggan untuk jumlah permintaan teks atau suara yang diproses. Pada tulisan ini, biayanya $ 0,004 per permintaan suara dan $, 00075 per permintaan teks.

Organisasi yang telah menerapkan Lex adalah NASA, Liberty Mutual, Kelly Blue Book, Dynatrace, Rubrik, Astro, Infor Coleman, Build Fax, American Heart Association, Ohio Health, Freshdesk, Vonage, Twilio, dan Hubspot.


Amazon Lex dapat dilihat informasinya lebih lanjut di situs Amazon Lex. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.