Let’s travel together.

Amazon Elasticsearch Service (Amazon ES)

Apa itu Amazon Elasticsearch Service ? Amazon Elasticsearch Service (Amazon ES) adalah produk Amazon Web Services yang memungkinkan pengembang untuk meluncurkan dan mengoperasikan Elasticsearch – sebuah search engine open source, berbasis Java dan analytics – di cloud AWS. Pengembang dapat menggunakan Elasticsearch di AWS untuk memantau aplikasi berbasis cloud secara real time dan log akses dan analitik klik.

Layanan Amazon Elasticsearch diakses melalui Konsol Manajemen AWS, antarmuka baris perintah atau kit pengembangan perangkat lunak AWS.

Menggunakan layanan ini, pengembang dapat memperbarui dan mengelola kluster Elasticsearch, yang disebut domain. Pengguna menentukan komputasi dan penyimpanan yang dibutuhkan – instance, jenis instance, dan volume Elastic Block Store – untuk setiap domain. Pengembang dapat menambah dan menghapus instance untuk mengakomodasi pertumbuhan data, atau mengatur layanan untuk meningkatkan atau menurunkan berdasarkan ambang batas yang ditentukan. Amazon CloudWatch menyediakan beberapa metrik kinerja untuk memantau kesehatan domain Elasticsearch.

Amazon Elasticsearch Service terintegrasi dengan Logstash dan Kibana, mesin pengolah data open source dan alat analitik dan visualisasi open source, masing-masing. Layanan ini memudahkan pengaturan klaster ELK (Elasticsearch, Logstash, Kibana), karena masing-masing produk menggabungkan untuk membentuk layanan pengelolaan log komposit.

Administrator dapat mengkonfigurasi akses ke domain menggunakan kebijakan AWS Identity and Access Management. AWS CloudTrail dapat memantau dan mengaudit domain serta log panggilan API yang dibuat dengan layanan ini. Pengembang dapat memilih opsi Kesadaran Zona untuk mendistribusikan domain secara otomatis di dua zona ketersediaan, yang pada akhirnya meningkatkan ketersediaan.