Let’s travel together.

Amazon Elastic Transcoder

Amazon Elastic Transcoder adalah alat Amazon Web Services (AWS) yang memungkinkan pengembang atau perusahaan untuk mengkonversi file media ke dalam format yang didukung berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan desktop.

Layanan ini akan melakukan transcoding pada file media dari sumber dan mengonversinya ke format yang diinginkan pengembang. Kemudian menyimpannya di buket Amazon Simple Storage Service (S3). Amazon Elastic Transcoder, yang tersedia melalui Konsol Manajemen AWS. Layanan ini mendukung berbagai format input dan output – termasuk 3GP, AVI, AAC, MP4, FLV dan MPEG-2 – resolusi, bitrate, dan frekuensi gambar. Layanan ini juga menyediakan alat penyesuaian media tambahan, termasuk dukungan untuk beberapa trek teks tertutup, pembuatan gambar mini, hingga pengoptimalan bit rate video otomatis.

Untuk menggunakan layanan Amazon Elastic Transcoder, pengembang membuat saluran transcoding dari input penyimpanan ke output penyimpanan, membuat peran Identitas dan Manajemen Akses AWS untuk menjaga izin ke konten dan membuat pekerjaan transcoding. Waktu transcoding tergantung pada berbagai faktor termasuk ukuran video dan resolusi.

Jika pengembang perlu mengonversi file besar, ia dapat melakukannya menggunakan AWS Impor / Ekspor, AWS Direct Connect atau alat akselerasi file pihak ketiga. Setelah mengonversi file, pengembang dapat mengintegrasikan Elastic Transcoder dengan Amazon CloudFront untuk mendistribusikan file yang ditranskode ke pengguna akhir melalui Jaringan Distribusi Konten. Seorang pengembang dapat mengatur pesan menggunakan Layanan Pemberitahuan Sederhana Amazon untuk menerima pemberitahuan ketika pekerjaan transcoding dimulai atau berakhir.

Pengembang dapat membuat preset khusus – atau memilih dari preset yang disediakan AWS – dalam Elastic Transcoder, yang berfungsi sebagai templat untuk bagaimana file media mengkonversi. Preset menentukan perangkat mana yang dapat memainkan file media dan resolusi video, di antara sebutan lainnya.

Amazon Elastic Transcoder memungkinkan pengembang untuk memasukkan file yang dienkripsi dan mengenkripsi file transkode, thumbnail, caption dan watermark. Layanan ini mendukung enkripsi melalui enkripsi sisi server S3 dan Layanan Manajemen Kunci AWS.

AWS menyediakan tingkat layanan gratis untuk Amazon Elastic Transcoder, yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan layanan ini secara gratis hingga ia melampaui jumlah menit gratis. Pengembang kemudian dibebankan sesuai dengan runtime media dan kualitas keluaran.


Amazon Elastic Transcoder dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon Elastic Transcoder – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.