Let’s travel together.

Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud)

Apa itu Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) ? – Amazon Elastic Compute Cloud / EC2 adalah layanan web dari Amazon Web Service (AWS) yang memberikan kapasitas komputasi yang aman dan berukuran fleksibel di cloud. Amazon EC2 dirancang untuk membuat komputasi cloud berskala web lebih mudah bagi pengembang.

Antarmuka layanan web sederhana Amazon EC2 memungkinkan Anda mendapatkan dan mengonfigurasi kapasitas dengan friksi minimal. Amazon EC2 memberikan Anda kendali penuh sumber daya komputasi dan memungkinkan Anda bekerja dalam lingkungan komputasi Amazon yang telah terbukti. Amazon EC2 mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan dan melakukan boot instans server baru dalam hitungan menit, memungkinkan Anda mengubah ukuran kapasitas dengan cepat, baik naik maupun turun, seiring perubahan kebutuhan komputasi Anda. Amazon EC2 mengubah ekonomi komputasi dengan memungkinkan Anda hanya membayar kapasitas yang Anda gunakan. Amazon EC2 memberikan alat kepada pengembang untuk membangun aplikasi tangguh dan mengisolasinya dari skenario kegagalan umum.

Pengguna AWS dapat menambah atau mengurangi kapasitas instance sesuai kebutuhan dalam beberapa menit menggunakan antarmuka web Amazon EC2 atau antarmuka pemrograman aplikasi. Pengembang dapat mengodekan aplikasi untuk menskalakan instance secara otomatis dengan Pemindaian Otomatis AWS. Pengembang juga dapat menetapkan kebijakan dan kelompok Penskalaan Otomatis untuk mengelola beberapa instance sekaligus.

Untuk menggunakan EC2, pengembang menciptakan Amazon Machine Image (AMI) yang berisi sistem operasi, program aplikasi, dan pengaturan konfigurasi. AMI kemudian diunggah ke Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) dan terdaftar dengan Amazon EC2, menciptakan pengidentifikasi AMI. Setelah ini dilakukan, pelanggan dapat meminta mesin virtual pada dasar yang dibutuhkan.

Data hanya tersisa pada instance EC2 ketika sedang berjalan, tetapi pengembang dapat menggunakan volume Amazon Elastic Block Store untuk tingkat daya tahan ekstra dan Amazon S3 untuk cadangan data EC2.