Let’s travel together.

Amazon EBS (Elastic Block Store)

Amazon Elastic Block Store adalah sistem penyimpanan blok berbasis cloud yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS) yang paling baik digunakan untuk menyimpan data persisten.

Layanan ini sering salah diucap atau disebut sebagai Elastic Block Storage. Layanan Elastic Block Store menyediakan volume penyimpanan tingkat blok yang sangat tersedia untuk digunakan dengan instance Amazon Elastic Compute Cloud (EC2). Amazon EBS memungkinkan Anda menyimpan data secara tetap pada sistem file, bahkan setelah Anda mematikan EC2 Anda.

Amazon juga menyediakan penyimpanan lokal untuk instance EC2 yang dapat Anda gunakan saat Anda menjalankan instance, tetapi Anda kehilangan data saat Anda mematikan instance. Ini berarti, jika Anda ingin menyimpan data itu, Anda perlu menyimpannya di Amazon EBS.

Tipe Volume Amazon EBS

AWS menyediakan opsi volume EBS yang berbeda untuk berbagai beban kerja dan kasus penggunaan. Pelanggan dapat memilih antara volume yang didukung oleh hard disk solid-state (SSD) atau hard disk drive (HDD). Volume yang didukung SSD biasanya sesuai dengan beban kerja berkinerja tinggi yang memerlukan latensi rendah dan IOPS tinggi. Volume yang didukung hard disk biasanya sesuai dengan beban kerja volume-tinggi dan beban-padat.

Volume EBS saat ini dari AWS meliputi:

  • EBS Provisioned IOPS SSD (io1) – opsi performa tertinggi. Menyediakan IOPS per volume tinggi dan throughput maksimum maksimum per volume dan sangat ideal untuk beban kerja database.
  • EBS General Purpose SSD (gp2) – volume EBS default. Menawarkan IOPS per volume tinggi, tetapi dengan tarif dan biaya lebih rendah daripada io1, dan ditujukan untuk beban kerja dev-test, desktop virtual dan aplikasi latensi rendah.
  • Throughput Optimized HDD (st1) – menawarkan throughput tinggi per volume dan ukuran volume besar, dan sangat ideal untuk gudang data dan pemrosesan log.
  • Cold HDD (sc1) – dimaksudkan untuk beban kerja yang kurang sering diakses, seperti data dingin, dan memberikan IOPS terendah per volume dengan harga terendah dari semua volume EBS.

Fitur Volume Elastis memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran volume EBS untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan aplikasi atau ukuran snapshot. Anda juga dapat mengubah jenis volume apa pun tanpa downtime.

AWS juga menyediakan contoh EC2 yang dioptimalkan EBS, yang memungkinkan akses penuh ke kemampuan IOPS volume EBS dan mengurangi latensi hingga milidetik untuk volume io1.