Let’s travel together.

Amazon Developer Services

Amazon Developer Services atau Layanan Pengembang Amazon adalah seperangkat alat dan layanan yang memungkinkan pengembang membangun, menguji, dan menjual aplikasi dan game di Amazon Appstore. Layanan Pengembang Amazon termasuk perangkat pengembangan perangkat lunak untuk membangun aplikasi untuk perangkat seluler Android atau iOS, beberapa mesin platform, tablet Api, TV Api, perangkat yang mendukung Alexa, PC, dan Mac.

Untuk mengakses suite, pengguna mendaftar untuk akun pengembang Amazon dan mengakses Layanan Pengembang Amazon melalui portal berbasis web di developer.amazon.com. Pengembang mengirimkan aplikasi ke Appstore, tempat Amazon menilai mereka untuk standar kualitas sebelum dipublikasikan.

Tim pengembang dapat memonetisasi aplikasi menggunakan layanan berikut dan antarmuka pemrograman aplikasi (API):

  • Merch by Amazon: Sebuah layanan yang memungkinkan pengembang menambahkan pundi – pundi pemasukan melalui penjualan kaos yang telah dimodifikasi dan diproduksi serta dirikimkan oleh Amazon.
  • Amazon Coins: Sebuah fitur yang memungkinkan pelanggan Amazon dalam membeli koin – koin untuk menukarkannya sebagai diskon dalam pembelian atau pembelanjaan di Appstore.
  • In-App Purchasing API: Memungkinkan pengembang untuk menawarkan langganan dan konten untuk dibeli di dalam aplikasi dan game. Amazon yang mengurus pemrosesan pembayaran dan manajemen hak untuk pengembang.
  • Mobile Ads API: Menyediakan iklan yang tampil dalam aplikasi, iklan dari Amazon dan pengiklan lain yang merupakan pengiklan di Amazon Mobile Ad Network.

Pengembang dapat memperluas jangkauan pengguna dan keterlibatan aplikasi dengan berbagai layanan dan API:

  • Amazon Device Messaging: Mengaktifkan pemberitahuan push dari cloud ke perangkat konsumen untuk pembaruan atau pesan relevan lainnya.
  • GameCircle and Whispersync: Fitur pengembangan permainan video yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain di seluruh perangkat. Pengembang juga dapat menerapkan pencapaian dan papan peringkat peringkat. Whispersync juga menyinkronkan penyimpanan game, termasuk kemajuan yang dibuat selama pemutaran offline.
  • Login dengan Amazon: Mengaktifkan pelanggan untuk masuk ke aplikasi dengan akun Amazon-nya. Pengembang menerima data pelanggan sambil mengurangi waktu yang dihabiskan untuk registrasi.
  • Konsol Pengembang Promosi: Fitur yang memungkinkan pengembang menjalankan penjualan sementara atau diskon pada aplikasi. Pengembang dapat menyesuaikan harga barang secara manual atau menerapkan diskon berbasis persentase.
  • Amazon Incentives API: Memungkinkan pengembang untuk mendistribusikan kode hadiah untuk produk Amazon sebagai insentif pengguna akhir atau untuk pembayaran pencairan.

Layanan Developer Amazon juga menyediakan beberapa alat untuk membantu pengembang dalam membuat aplikasi, yakni:

  • Amazon Fling: Perangkat pengembangan perangkat lunak lintas platform yang memungkinkan tim pengembangan untuk membuat aplikasi dengan kemampuan multi-layar untuk Fire TV dan membangun komunikasi perangkat dua arah ke dan dari aplikasi seluler.
  • Amazon Maps: Fitur yang memungkinkan pengembang menambahkan peta 3D interaktif ke tablet Fire dan menyorot markah tanah.
  • API Penerbitan Pengembang: API REST yang secara otomatis membuat dan memperbarui aplikasi di Appstore untuk katalog yang lebih besar, menghemat waktu untuk mempublikasikan setiap aplikasi secara manual.

Layanan Pengembang Amazon juga menyediakan alat untuk membantu menguji dan mengirimkan aplikasi ke Appstore. Tim pengembangan dapat menggunakan Alexa Skills Kit untuk membangun keterampilan yang terhubung dengan konsumen melalui perangkat Alexa, dan tim dapat menambahkan kemampuan Alexa ke perangkat apa pun dengan mikrofon dan speaker melalui Layanan Suara Alexa.

Layanan Pengembang Amazon mendukung sejumlah plugin dan ekstensi untuk aplikasi multi-platform, termasuk Unity, Adobe Air Native Extensions, Apache Cordova, dan Xamarin.


Amazon Developer Services dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon Developer Services untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.