Let’s travel together.

Amazon CloudWatch

Amazon CloudWatch adalah komponen dari Amazon Web Services (AWS) yang menyediakan pemantauan atau monitoring terhadap sumber daya AWS dan aplikasi milik pengembang yang berjalan di infrastruktur Amazon Web Services..

CloudWatch memungkinkan pemantauan sumber daya AWS secara real-time seperti contoh Amazon EC2, volume Amazon EBS (Elastic Block Store), Load Balancer Elastis, dan instance database Amazon RDS. CloudWatch secara otomatis menyediakan metrik untuk penggunaan CPU, latensi, dan jumlah permintaan; pengguna juga dapat menetapkan metrik tambahan untuk dimonitor, seperti seperti penggunaan memori, volume transaksi atau tingkat kesalahan.

Pengguna dapat mengakses fungsi CloudWatch melalui API, alat baris perintah, salah satu dari AWS SDK (perangkat pengembangan perangkat lunak) atau Konsol Manajemen AWS. Antarmuka CloudWatch menyediakan statistik saat ini yang dapat dilihat dalam format grafik. Pengguna dapat mengatur pemberitahuan (disebut “alarm”) untuk dikirim ketika sesuatu yang dipantau melampaui ambang batas yang ditentukan. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi dan mematikan instance EC2 yang tidak terpakai atau kurang digunakan.