Let’s travel together.

Amazon Aurora

Apa itu Amazon Aurora ? – Amazon Aurora adalah mesin basis data relasional dari Amazon Web Services. Mesin ini kompatibel dengan MySQL, yang berarti kode, aplikasi, dan driver yang digunakan dalam database yang mengandalkan MySQL dapat digunakan di Aurora dengan sedikit atau tanpa konfigurasi. MySQL adalah sistem manajemen basis data open source berdasarkan Structured Query Language (SQL).

Amazon Relational Database Service (RDS) mengelola basis data Aurora dengan menangani penyediaan, penambalan, pencadangan, pemulihan, dan tugas lainnya. Pengembang dapat bermigrasi ke dan dari database MySQL dengan menggunakan utilitas mysqldump (ekspor) dan mysqlimport (impor) atau dengan menggunakan fitur migrasi Snapshot DB RDS. Migrasi data biasanya membutuhkan waktu satu jam.

Aurora dapat menyimpan minimal 10 GB dan hingga maksimal 64 TB secara peningkatan skala otomatis. Layanan ini membagi volume database menjadi 10 GB per chunk, yang tersebar di berbagai disk. Setiap potongan direplikasi enam bagian di tiga Zona Ketersediaan AWS (AZ). Jika data dalam satu AZ gagal, Aurora berusaha memulihkan data dari AZ lain. Aurora juga memiliki fitur self-healing, yang berarti melakukan scan kesalahan otomatis dari blok data dan disk, lalu memperbaikinya.

Pengembang dapat meningkatkan sumber daya yang dialokasikan ke instance basis data dan meningkatkan ketersediaan melalui Amazon Aurora Replicas, yang berbagi penyimpanan yang sama dengan instance Elastic Compute Cloud (EC2). Reproduksi Aurora Amazon dapat disematkan ke instance utama tanpa kehilangan data apa pun, yang membantu toleransi kesalahan jika instance utama gagal. Jika pengembang telah membuat Replika Aurora, layanan otomatis hanya akan gagal dalam waktu satu menit; dan akan gagal sekitar 15 menit tanpa replika.

Untuk keamanan, Amazon Aurora mengenkripsi data saat transit melalui Layanan Manajemen Kunci AWS. Pencadangan otomatis, snapshot, data apapun di penyimpanan semua sama terenkripsi. Selain itu, instance database Aurora dibuat di dalam VPC Amazon, yang memungkinkan pengguna untuk mengisolasi basis data dalam jaringan mereka untuk keamanan lebih lanjut.