Let’s travel together.

Amazon Athena

Amazon Athena adalah layanan yang memungkinkan analis data untuk melakukan kueri SQL di Amazon Web Services pada data yang disimpan di Amazon Simple Storage Service (S3). Karena Athena adalah layanan query tanpa server.

Seorang analis data mengakses Athena melalui Konsol Manajemen AWS, antarmuka pemrograman aplikasi (API) atau driver Java Database Connectivity; lantas hanya perlu mendefinisikan skema dan dapat memulai mengeksekusi query SQL pada data – data yang tersimpan di S3.

Administrator dapat mengelola akses ke Athena melalui kebijakan Identitas dan Manajemen Akses AWS, daftar kontrol akses, dan kebijakan bucket Amazon S3. Pengguna Athena dapat melakukan kueri data terenkripsi dengan kunci yang dikelola oleh Layanan Manajemen Kunci AWS, dan juga dapat mengenkripsi hasil kueri. Athena juga memungkinkan akses lintas-akun ke bucket S3 yang dimiliki oleh pengguna lain.

Selain itu, Athena menggunakan katalog data yang dikelola untuk menyimpan informasi dan skema yang terkait dengan pencarian pada data Amazon S3.

Amazon Athena bergantung pada software sumber terbuka Presto yang mendistribusikan query SQL untuk mengaktifkan analisa cepat ad-hoc dan menghandel permintaan yang lebih kompleks, termasuk fungsi-fungsi window, gabungan besar dan agregasi. Athena dapat memproses jenis data yang tidak terstruktur dan terstruktur, termasuk format seperti CSV, JSON, ORC, Parquet dan Avro. Athena juga mendukung data terkompresi dalam format Snappy, Zlib, LZO, dan GZIP.