Let’s travel together.

Amazon AppStream

Amazon AppStream adalah Amazon Web Service (AWS) yang memungkinkan aplikasi komputasi intensif untuk dialirkan dari server Amazon di cloud ke perangkat komputasi lokal. Layanan yang dikelola mengeliminasi kebutuhan tim teknologi informasi (TI) untuk meng-recode aplikasi agar kompatibel dengan browser dan sangat berguna untuk mengirimkan aplikasi-aplikasi intensif grafis yang mengandalkan DirectX, OpenGL atau OpenCL untuk akselerasi perangkat keras.

Layanan streaming aplikasi adalah alternatif untuk virtualisasi aplikasi di tempat. Penerbit aplikasi mengunggah penginstal aplikasi ke Layanan Penyimpanan Sederhana Amazon (S3), dan kemudian AppStream mengaitkan lokasi pemasangan S3 dengan aplikasi tersebut. AppStream menggunakan protokol kepemilikan yang disebut STX untuk mengalirkan elemen video aplikasi ke klien. Karena komponen aplikasi yang padat sumber daya ada di infrastruktur cloud, aplikasi klien terkait dapat menjadi ringan, pertimbangan penting untuk menyebarkan aplikasi Windows ke klien seluler. Pengembang dapat memilih untuk menerapkan seluruh aplikasi atau hanya sebagian dari itu di infrastruktur AWS.

Ketergantungan yang meningkat pada layanan cloud dan peningkatan pekerja yang menggunakan banyak perangkat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka mendorong tren menuju aplikasi yang disetujui perusahaan. Aplikasi tidak harus dimuat secara fisik pada perangkat komputasi karyawan dan penggunaannya dapat dipantau dari jarak jauh. Arsitektur terdiri dari mesin virtual host (VM), aplikasi, layanan hak dan klien. Ketika klien meminta untuk menjalankan aplikasi, layanan hak mengautentikasi pengguna. Jika berhasil, layanan mengembalikan URL unik ke klien yang memungkinkan klien untuk meluncurkan aplikasi.


Amazon AppStream dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon AppStream – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.