Let’s travel together.

Amazon API Gateway

Amazon API Gateway adalah layanan layanan Amazon Web Services (AWS) yang memungkinkan pengembang untuk menghubungkan aplikasi non-AWS ke sumber daya back-end AWS, seperti server atau kode. Amazon API Gateway memungkinkan pelanggan AWS untuk meningkatkan keseluruhan utilitas layanan cloud Amazon lainnya.

Antarmuka program aplikasi (API) memungkinkan dua atau lebih program perangkat lunak berkomunikasi satu sama lain untuk mencapai fungsionalitas yang lebih besar untuk suatu produk. Pengguna AWS membuat, mengelola, dan memelihara API di dalam Amazon API Gateway, yang menerima dan memproses panggilan API bersamaan. Layanan mengatur lalu lintas, memberi otorisasi pengguna akhir dan memantau kinerja. Pengembang dapat terhubung dengan layanan seperti AWS Elastic Beanstalk dan Elastic Compute Cloud (EC2) instance dan kode event-driven dari AWS Lambda.

Saat membuat API, pengembang mendefinisikan namanya, fungsi HTTP, bagaimana API berintegrasi dengan layanan dan bagaimana permintaan dan transfer ditangani. Pengembang kemudian menggunakan perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) untuk berintegrasi dengan perangkat lunak yang memanggil API, termasuk SDK khusus untuk aplikasi seluler dan pengembangan aplikasi Web. Amazon API Gateway menerima semua muatan yang dikirim melalui HTTP, termasuk Notasi Objek JavaScript dan Extensible Markup Language. Pengguna AWS dapat memantau panggilan API pada dasbor metrik di Amazon API Gateway dan dapat mengambil kesalahan, akses dan log debug dari Amazon CloudWatch.

Amazon API Gateway menyediakan dua cara menangani lalu lintas panggilan API. API throttling tersedia untuk membatasi jumlah panggilan API per jam atau per hari. Ini membantu menjaga kinerja aplikasi panggilan ketika ada lonjakan yang tak terduga dalam panggilan API – seperti ketika banyak pengguna mulai menggunakan aplikasi pada saat yang bersamaan. Karena banyak panggilan API menggunakan informasi yang sama dan mengembalikan hasil yang sama, cache dapat dipanggil untuk memberikan tanggapan API umum daripada melakukan semua pemrosesan yang diperlukan untuk menghasilkan hasil. Caching mengurangi jumlah panggilan API dan lebih meningkatkan kinerja dari aplikasi panggilan.

Amazon API Gateway menyediakan keamanan menggunakan kunci akses untuk mengontrol akses API. Layanan ini berinteraksi dengan Amazon Identity and Access Management dan Amazon Cognito untuk mengotorisasi akses ke API. Layanan ini juga mendukung AWS Signature Version 4 sebagai opsi keamanan tambahan; ini menciptakan kunci akses untuk setiap panggilan API. Token OAuth juga dapat diteruskan ke menjalankan beban kerja sebagai langkah pengamanan alternatif.

Layanan ini juga memungkinkan pengguna AWS untuk mengoperasikan beberapa versi API secara bersamaan, memungkinkan pengembang untuk membangun dan menyebarkan API baru sementara aplikasi yang sudah ada menggunakan versi API sebelumnya.


Amazon API Gateway dapat dilihat informasinya lebih lanjut di Amazon API Gateway – Amazon Web Services. Untuk belajar Layanan Cloud dan Amazon Web Services dapat dipelajari di subsitus Pedia Indonesia di Cloud Pedia Indonesia.