Cara membuat Global Helper di Laravel

Cara membuat Global Helper di Laravel

Global Helper adalah global function atau method yang dapat digunakan dimana saja dala satu aplikasi seperti halnya helper yang sudah ada pada laravel.

Dirilis pada tanggal: 20 Jun 2021.
126
2453

Apa itu Global Helper?

Global Helper atau Global Function adalah method atau function yang dapat dipanggil dimana saja. Function ini dapat digunakan disemua file blade view ataupun file php lainnya, jadi function ini akan sangat memudahkan developer dimana hanya dengan sekali membuat inisiasi function dan dapat digunakan berulang-ulang dimana saja tanpa harus mendefinisikannya lagi.

Nah, untuk tahapan atau cara membuat Global Helper akan diuraikan langkah-langkahnya dibawah ini. silahkan simak ya teman - teman 👌

Langkah 1: Membuat file Helper.php di dalam foler App\Helpers

Buatlah folder Helpers terlebih dahulu di dalam folder App, kemudian buat file php dengan nama Helper.php (nama file bebas sesuka teman teman ya)

Langkah 2: Menulis kode fungsi

Setelah file php dibuat maka tuliskan kode fungsi apa saja yang teman-teman inginkan, dalam kasus ini saya akan membuat fungsi untung merubah format tanggal default laravel menjadi format tanggal indonesia.

<?php

function idFormat($date)
{
    $output = \Carbon\Carbon::parse($date)->translatedFormat('l, d F Y');
    return $output;
}

Kode fungsi diatas adalah fungsi untuk merubah format tanggal menjadi format tanggal indonesia. (contoh: Rabu, 2 Mei 2020).

Langkah 3: Perkenalkan helper kita ke composer.json

langkah selanjutnya adalah memperkenalkan file helper kita kedalam file composer.json agar ketika kita melakukan autoload maka file tersebut akan dimuat, cara penulisannya seperti gambar dibawah.

Langkah 4: Dump autoload

Ketikkan perintah composer dump-autoload pada terminal

composer dump-autoload

Yeay, sekarang kode fungsi kita dapat dipanggil dimana saja didalam aplikasi teman-teman

Langkah 5: Gunakan global helper di blade view

Global helper yang kita buat sekarang dapat dipanggil di dalam blade view atau dimanapun, nah sekarang kita akan mencoba menggunakannya di dalam file blade view. cara menngunakannya cukup mudah, lihat gambar dibawah.

Dan contoh hasilnya seperti gambar dibawah.

Nah, sudah selesai teman teman cara membuat Global Helper. jadi global helper ini pastinya akan sangat memudahkan developer ya. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman ya, maaf apabila penjelasan saya kurang bagus 😊.


Ok, sekian , Terimakasih!

Ingin memberikan Komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk dapat memberikan Komentar pada artikel ini.

Jawaban