Ini Daftar Perusahaan Diduga Pembakar Hutan di Indonesia pada tahun 2019


Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumah daerah di Indonesia seperti di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan telah mencapai level yang mengerikan. Asap - asap yang dihasilkan oleh Karhutla membuat polusi udara meningkat dan menyebabkan tidak sehatnya udara yang ada di beberapa daerah di Indonesia yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan. 

Pertanyaannya adalah siapakah yang membakar hutan dan lahan di Indonesia pada tahun 2019 ini? 

Direktorat Penegak Hukum (Dir Gakkum) dan Divisi Humas Polri baru saja merilis sebuah gambar yang menginformasikan daftar perusahaan yang diduga melakukan pembakaran hutan dan lahan. 


Bisa dilihat dari gambar di atas yang bersumber dari Dirjen Gakkum & Divisi Humas Polri terdapat 6 perusahaan yang sedang dalam penyidikan, sisanya sedang dalam penyelidikan oleh aparat penegak hukum. Adapun rumor mengatakan bahwa 1 perusahaan asal Singapura dan 4 perusahaan asal Malaysia turut terlibat dalam pembakaran hutam dan lahan ini.

Dilihat dari banyaknya perusahaan yang diduga terlibat, tampaknya pembakaran hutan dan lahan ini telah direncanakan secara sistematis dan dilakukan secara sistematis dan bersama-sama pula.

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di tahun 2019 ini telah memakan korban jiwa akibat buruknya kualitas udara. Bahkan AirVisual melabeli warna merah pada kualitas udara di daerah - daerah yang terkena dampak Karhutla. 

Berita ini masih akan diperbarui seiring proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terkait kebakaran hutan dan lahan. (Pram)