1 Oktober 1958, PAKTA The Space Act of 1958 Ditandatangani, NASA Resmi Beroperasi


Pada 1 Oktober 1958, Undang-undang Penerbangan dan Antariksa Nasional tahun 1958 (Pub.L. 85-568) diberlakukan, ini adalah undang-undang federal Amerika Serikat yang menciptakan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA). Undang-undang tersebut, segera dibentuk setelah peluncuran Sputnik oleh Uni Soviet, undang-undang ini dirancang oleh Senat AS pada 29 Juli 1958 dan ditandatangani oleh Presiden Eisenhower pada tanggal 1 Oktober 1958.

Adapun bunyi dari undang-undang The Space Act of 1958 ini adalah:

  1. Untuk lebih memahami tentang fenomena di atmosfer dan ruang angkasa;
  2. Peningkatan kegunaan, kinerja, kecepatan, keselamatan, dan efisiensi aeronautika dan kendaraan ruang angkasa;
  3. Pengembangan dan pengoperasian kendaraan yang mampu membawa instrumen, peralatan, persediaan, dan organisme hidup di ruang angkasa;
  4. Pembentukan studi jangka panjang tentang manfaat potensial yang dapat diperoleh dari, pemanfaatan aktivitas aeronautika dan ruang untuk tujuan damai dan ilmiah.
  5. Pelestarian peran Amerika Serikat sebagai pemimpin dalam ilmu dan teknologi aeronautika dan ruang angkasa dan dalam penerapannya untuk melakukan kegiatan damai di dalam dan di luar atmosfer.
  6. Penyediaan bagi lembaga-lembaga yang secara langsung berkaitan dengan pertahanan nasional penemuan-penemuan yang memiliki nilai atau signifikansi militer, dan pemberian oleh lembaga-lembaga tersebut, kepada badan sipil yang didirikan untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan aeronautika dan ruang angkasa nonmiliter, informasi mengenai penemuan-penemuan yang memiliki nilai atau signifikansi bagi agensi tersebut;
  7. Kerja sama oleh Amerika Serikat dengan negara-negara lain dan kelompok-kelompok negara dalam pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan Undang-Undang ini dan dalam penerapan hasilnya secara damai; 
  8. Dan Pemanfaatan sumber daya ilmiah dan teknik paling efektif di Amerika Serikat, dengan kerja sama yang erat di antara semua lembaga yang tertarik untuk berkerja sama dengan Amerika Serikat untuk menghindari duplikasi upaya, fasilitas, dan peralatan yang tidak perlu.

Dengan Di tahun 2012, ada satu butir lagi yang ditambahkan yakni berbunyi: 

  • Pelestarian posisi utama Amerika Serikat dalam aeronautika dan ruang angkasa melalui penelitian dan pengembangan teknologi yang terkait dengan proses manufaktur yang terkait.

Dengan ditandatanganinya PAKTA ini, NASA resmi beroperasi. Awalnya NASA dibentuk bukan murni untuk menjelajahi Luar Angkasa, melainkan Amerika Serikat merasa gengsi dengan Uni Soviet, dan merasa tidak mau kalah atas apa yang telah dicapai oleh Uni Soviet dalam bidang Antariksa kala itu.